.

Kubar Belum Terbebas Narkoba

.


LAWAN NARKOBA : Wabup bersama Dandim 0912/Kubar Letkol Inf. Hendriawan Senjaya dan Kabag Sumda Polres Kubar Kompol Mujianto, mendatangi ke rumah warga untuk sosialisasi antinarkoba di Kelurahan Melak Ilir, belum lama ini.

SENDAWAR-Kabupaten Kutai Barat (Kubar) saat ini, belum terbebas dari narkoba. Hal ini menjadi kekhawatiran kita bersama dalam upaya pencegahan dan pemberantasannya.

Bukan hanya menjadi tugas pemerintah semata, melainkan peran serta dari seluruh kalangan masyarakat, kepolisian dan TNI,”tegas Wabup Kubar Edyanto Arkan. Dia mengatakan ini pada pada rapat koordinasi Bupati Kubar dengan tokoh agama, masyarakat, adat dan paguyuban dalam wilayah Kubar, di Balai Agung Aji Tulur Jejangkat Kantor Bupati, Kamis (1/9).
Upaya itu dinilai sangat penting, agar generasi muda dan masyarakat pada umumnya terhindar dari narkoba. Apalagi kondisi bangsa Indonesia sekarang ini, darurat narkoba.

Wabup menambahkan, narkoba ini menjadi suatu penyakit yang kotradiktif terhadap upaya pembangunan di Kubar diantaranya  pembangunan fisik dan sosial.”Apabila pembangunan tersebut masih dicantoli dengan permasalahan narkoba, pasti hasilnya akan menurun,”terang Wabup yang juga Ketua Badan Narkoba Kabupaten Kubar.
Untuk itu kami selaku Pemkab Kubar mengharapkan kepada tokoh agama, adat dan masyarakat bisa melihat hal ini, karena ini merupakan permasalahan  bersama untuk menguraikannya. 

Selain itu, untuk kondisi sosial di Kubar sekarang, cukup stabil dan aman. Tapi tidak menutup kemungkinan, adanya perbedaan cara pandang terhadap suatu permasalahan kedepannya. Kami juga berharap juga para tokoh tersebut bisa melakukan konsultasi aktif baik internal umat beragama dan antar umat beragama.
Apabila ada perbedaan dalam menyikapi suatu masalah yang tidak dapat diselesaikan bersama-sama nantinya. Kita akan menyelesaikan dengan pemerintah, baik melalui forum keagaaman dan forum antar etnis. Ini yang perlu di optimalkan, sehingga permasalahan di masyarakat tidak membesar. Tapi diselesaikan diinternal antar umat beragama secara bermusyawarah dan mufakat.
Jadi mari selalu memelihara, menjaga dan mempertahankan keamanan dan ketertiban masyarakat untuk pembangunan di Kubar yang tercinta ini,”imbaunya. (hms6)