.

FKUB Ditutut Beri Kesejukkan

.

Bupati FX Yapan (kelima kiri) didampingi Wabup Edyanto Arkan (keempat kanan) memimpin Rakor dan Silaturahmi Forum Kerukunan Umat Beragama

SENDAWAR-Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) harus mampu memberikan kesejukkan kepada pada semua umat yang ada di Kutai Barat (Kubar). Termasuk bupati, wabup, kalangan pejabat dan jajarannya.
“Lantas bagaimana cara menyejukkan itu, harus melalui komunikasi yang baik,”kata Bupati Kubar FX Yapan pada rapat koordinasi dan silaturahmi FKUB Kubar bersama Bupati, di Ruang Koordinasi Kantor Bupati, Jumat (2/9).
Yapan berharap kepada anggota FKUB baik ustadz, pastor, pendeta dan lainnya, saat melakukan khotbah keagamaan, jangan menyampaikan persoalan vertikal, tetapi permasalahan horizontal yakni tentang kondisi pemerintah sekarang.
Selain tugas pokoknya mengurus kerukunan umat beragama, tapi mungkin hal lain diantaranya ekonomi dan pendidikan. “Hanya saja, indikatornya harus jelas,”lanjutnya.
Terkait permasalahan yang muncul di tengah masyarakat, Bupati Yapan menginginkan FKUB segera mengatasinya. Kalau perlu, lakukan jemput bola. Jangan tunggu ada masalah, baru dikomunikasikan. Itu terlambat sudah. Artinya sebelum ada masalah, sudah mengatur strategi bagaimana mengantisifasi masalah ini dengan tindakan preventif. Perlu diingat keberadaan forum ini, sangat dibutuhkan masyarakat atau umat beragama,”ujarnya.
Pemerintah, menurut Yapan, jangan takut salah. Karena dari kesalahan itulah akan berbenah diri demi kemajuan dan pembangunan di Kubar yang tercinta ini.
Sementara Wabup Kubar Edyanto Arkan mengatakan rapat ini merupakan pertemuan yang pertama kali di masa kepemimpinan pemerintah priode 2016-2021, bertujuan mempererat hubungan kerja antara FKUB dan pemerintah dalam menyelenggarakan urusan keagamaan, kemasyarakatan dan sosial.
Kemudian melalui rapat ini, pemerintah ingin mendengar hal yang maenjadi pokok bahasan di FKUB baik di internal agama, antar agama dan agama, antar pemeluk agama dan pemerintah. Kondisi yang sudah di bangun saat ini, harus dipertahankan bahkan ditingkatkan agar lebih stabil dan lebih baik lagi,”harap Edyanto. (hms6)