.

Kubar Miliki Potensi SDA Yang Bagus

.

SENDAWAR-Kabupaten Kutai Barat (Kubar) memiliki potensi sumber daya alam yang sangat bagus dan perlu digali, dikembangkan dan dimanfaatkan dengan baik kedepannya.
Salah satunya, di sektor perternakan sapi, perkebunan sawit dan karet,”kata Wabup Kubar Edyanto Arkan saat membuka presentasi laporan draft awal penyusun informasi pertumbuhan ekonomi penduduk Kubar, di Ruang Rapat II Kantor Bappeda Kubar, Senin (13/6).
Apalagi Kubar didukung dengan sungai mahakam dan memiliki danau, potensi perikanan sangat bagus, misalkan budidaya ikan dalam keramba.”Apalagi ikan ini dikelola dalam bentuk panganan amplang, maka akan berpotensi meningkatkan ekonomi lokal atau pendapatan masyarakat, serta bisa membuka lapangan pekerjaan,”terangnya.
Panganan amplang ini, telah dipasarkan dan pembuatannya sendiri berada di Kelurahan Melak Ilir. Hanya saja, dalam pengemasan perlu perbaikan.”Jadi SKPD terkait perlu membantu permodalan pengusaha tersebut, dalam akses peminjaman ke perbankan,”ujarnya.
Selain itu, Kubar kaya akan potensi alamnya dengan kondisi tanah subur, menjadikan lahan pertanian dan ditumbuhi berbagai hasil pertanian diantaranya buah lokal seperti durian, langsat dan lainnya.
Wabup mengimbau kepada satuan kerja perangkat daerah (SKPD) dilingkungan Pemkab Kubar beserta camat se-Kubar, harus mencermati dan membaca peluang pertumbuhan ekonomi di Kubar. Apalagi kedepan di Kubar akan dibangun rel kereta api yang menghubungkan Kubar-Balikpapan.
Tak plak selain membuka isolasi, dan percepatan perkembangan ekonomi daerah-daerah yang akan dilalui, serta meningkatkan pertumbuhan perekonomian di Kubar,”jelasnya. (hms6)