.

Kisnawati Juara Lomba Kebaya Nasional/Modern

.

SENDAWAR-Krisnawati salah satu staf Dinas Pendidikan Kubar, berhasil meraih juara I lomba busana kebaya nasional/modern dalam rangka hari Kartini ke 137, di Balai Agung Aji Tulur Jejangkat Kantor Setkab Kubar, Senin (26/4).
Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kubar Helmyana Rosanti Aminuddin mengatakan Krisnawati berhasil menyisihkan 37 peserta terbaik dari masing-masing Satuan Kerja Perangkat Daerah di lingkungan Pemkab Kubar, Kantor Camat dan SMA, SMK/Sederajat di sekitar Ibukota Sendawar (kecamatan Melak, Barong Tongkok dan Sekolaq Darat).
Sedangkan juara II diraih Tristonessa dari Kantor DPRD Kubar dan Juara III diraih  Stovia dari Badan Kepegawaian Daerah Kubar. Hasil tiga juara tersebut, langsung dinilai untuk juara I dari Bupati Kubar FX Yapan, juara II Wabup Kubar Edyanto Arkan dan juara III, dinilai Sekkab Kubar Aminuddin.
Helmyana menambahkan dengan memakai baju kebaya pada hari Kartini adalah salah satu bentuk penghargaan dan jasa Ibu Kartini. Hal ini merupakan wujud dari sikap mencintai dan melestarikan kebudayaan asli Indonesia, karena kebaya merupakan satu-satunya busana yang berasal dari Indonesia.”Sebagai perempuan kita patut berbangga, karena telah diakui oleh dunia Internasional,”terangnya.
Di kegiatan yang sama, DWP Kubar juga menggelar lomba masak makanan dan minuman khas daerah 2016 dan pesertanya diikutin DWP unit SKPD di lingkungan Pemkab Kubar. Hal ini menunjukkan bahwa perempuan Kubar melalui DWP telah berperan aktif dalam pelestarian budaya lokal dalam mengembangkan, serta mengangkat keanekaragaman bahan khas daerah melalui berbagai cara yang kreatif.
Ditambahkan Ketua Panitia Edossia Asrani mengatakan nama pemenang di lima kategori lomba masak makanan dan minuman khas daerah 2016 yakni, pertama kategori minuman selamat datang untuk juara I diraih Disperindagkop dan UKM Kubar, menu Es Jelure N’nyo Tuuq, dengan nilai 1.111. Juara II, Disdukcapil Kubar, menu Jus Asam Lagant, dengan nilai 1.112 dan juara III, Setkab Kubar. Minuman Serbat Jelure, dengan nilai 1.056.
Kedua, kategori makanan pokok, juara I diraih RSUD Harapan Insan Sedawar, dengan menu Nasi Bakar Jelay Hijau, nilai 1.116. juara II, Disperindagkop dan UKM Kubar, menu Nasi Merah Betunu, dengan nilai 1.111. Juara III, BPMPK Kubar, menu Nasi Wiik Bungkus Daun Doyo dan Pant, nilai 1.106.  
Ketiga, kategori lauk, juara I, Disbudparpora Kubar, lauk Jukut Patin Saos Tempoyak, jumlah nilai 1.114. Juara II, Dishubkominfo Kubar, lauk Tinuk Jelwat Bawang Balo, nilai 1.106 dan juara III, Dinas Kesehatan Kubar, laui Ikan Selai Kuas Pedas, nilai 1.104.
Keempat, kategori sayur yakni juara I diraih Dinas Kesehatan Kubar, menu sayur Gangan Asam Jantung Pisang, nilai 1.098. Juara II Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Kubar, menu sayur Botoq Igur Nangaq, nilai 1.088. Juara III RSUD HIS, menu sayur Daun Pepaya Selimut Peda, dengan nilai 1.080.
Kelima, kategori kue tradisional yakni juara I diraih Dinas Tenaga Kerja Kubar, menu kue Caraq Jagaq, jumlah nilai 1.241. Juara II diraih Disperindagkop dan UKM Kubar, menu Cake Gulung Jagaq Selai Duhunk Mencikg, jumlah nilai 1.137. Terakhir juara III diraih BPMPK Kubar, menu Cake Buq Wiik Motif Tumpal, dengan nilai 1.129. (hms6)