.

Ribuan Rumah Warga di Lima Kecamatan di Kubar Masih Terendam Banjir

.

SENDAWAR-Ribuan rumah warga di lima kecamatan yakni Muara Lawa, Nyuatan, Long Iram, Tering dan Damai masih terendam banjir.
Banjir tersebut, disebabkan hujan hampir setiap hari membuat air Sungai Mahakam dan Sungai Kadang Pahu (anak Sungai Mahakam) meluap,”ujar Wabup Kubar Didik Effendi saat meninjau banjir di Kecamatan Damai, Sabtu (26/3).
Banjir terparah saat ini, di Kampung Damai Kota Kecamatan Damai. Tinggi air sekira 2 meter dari dasar.”Meski tidak korban jiwa, bagi warga memiliki anak-anak diminta tetap waspada dan selalu memperhatikan, jangan sampai lengah”imbau wabup.
Wabup mengimbau bagi bangunan sekolah yang terendam banjir seperti SD, SMP dan lainnya agar diliburkan. Selain itu kepada Dinas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Kesehatan, Dinas Sosial dan dinas terkait, serta camat, petinggi, ketua RT setempat, agar selalu memonitor dan proaktif perkembangan banjir yang ada.
Kalau ada kendala atau kejadian, segera melapor dan dikoordinasikan. Sehingga penanganan cepat dilakukan,”terangnya.
Wabup juga meminta kepada pemerintah provinsi Kaltim, agar segera membantu dalam penanganan banjir ini. Begitu juga perusahaan-perusahaan yang wilayah kerjanya di sekitar lokasi banjir,”imbaunya lagi.(hms6)